Senin, 25 November 2013

KONSEP APLIKASI NEW MEDIA





Konsep Konvergensi Media
           
            Konvergensi berasal dari bahasa Inggris yaitu convergence. Kata konvergensi merujuk pada dua hal/benda atau lebih bertemu dan bersatu dalam suatu titik (Arismunandar,2006:1).konvergensi media berarti penggabungan atau pengintegrasian media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan ke dalam satu titik tujuan. Istilah konvergensi secara umum juga merujuk pada kaitannya dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi (TIK).

Dasar terbentuknya Konvergensi Media
            John Fiske dalam bukunya Cultural and Communication Studies mengungkapkan kode-kode digital lebih mudah dipahami karena unit-unitnya dibedakan dengan jelas,berlainan dengan kode-kode analog yang bekerja dalam suatu skala kontinu. Jadi tidaklah heran jika dalam orientasi perkembangan peradaban manusia mengarah pada proses digitalisasi atau dengan kata lain proses menuju kemudahan, kelengkapan, dankecepatan dalam mendapatkan dan memahami berbagai informasi.
            Dari sisi bisnis, digitalisasi menjanjikan efisiensi biaya yang cukup signifikan dengan area cakupan yang lebih luas, kualitas pelayanan yang lebih baik dan mampu melayani pengguna jasa media berdasarkan kebutuhan mereka. Namun yang jauh lebih penting adalah digitalisasi mampu mendesak kelahiran beragam kreativitas dalam penyajian konten sehingga area cakupan bisnis dapat lebih diperluas. Menurut Jonathan Parapak dari Universitas Pelita Harapan, tahapan perkembangan paradigma ini menjadi 3 tahapan proses, yaitu automatisasi, integrasi, dan kolaborasi.Mayoritas pelaku di kawasan ini berada di antara automatisasi dan integrasi, sementara hanya sebagian kecil yang telah mencapai tahap di antara integrasi dan kolaborasi.

Defenisi Konvergensi Media:
            Konvergensi media adalah penggabungan atau pengintegrasian media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan kedalam satu titik tujuan. Konvergensi media biasanya merujuk pada perkembangan teknologi komunikasi digital yang dimungkinkan dengan adanya konvergensi jaringan. Konvergensi jaringan adalah koeksistensi efisien telepon, video dan komunikasi data dalam satu jaringan. Penggunaan beberapa mode komunikasi dalam jaringan tunggal menawarkan kenyamanan dan fleksibilitas bukan tidak mungkin dengan prasarana yangterpisah.

Konsep Jejaring Sosial
Sejarah dan defenisi:
            Situs jejaring sosial merupakan sebuah web berbasis pelayanan yang memungkinkan penggunanya untuk membuat profil, melihat list pengguna yang tersedia, sertamengundang atau menerima teman untuk bergabung dalam situs tersebut. Tampilan dasar situs jejaring sosial ini menampilkan halaman profil pengguna, yang di dalamnya terdiri dari identitas diri dan foto pengguna.
 Beberapa jenis jejaring sosial yang terkenal saat ini adalah :
1. Facebook ( http://www.facebook.com )
2. Twitter (www.twitter.com )
3. Kaskus ( http://www.kaskus.com )
4. Friendster ( http://www.friendster.com )
5. Kill Hannah Kollective ( http://www.killhannahkollective.org )
6. Yahoo Messenger ( http://www.messenger.yahoo.com )
7. Yahoo Koprol ( http://www.koprol.com )
8. Plurk ( http://www.plurk.com )
9. My Space ( http://www.myspace.com )
10. Flickr ( http://www.flickr.com )
Dan masih banyak lagi lainnya.
            Di Indonesia situs – situs jejaring sosial sangat cepat berkembang karena kemajuanteknologi dan internet berkembang begitu cepat juga. Jejaring social menjadi gaya hidupdan bahkan telah menjadi kebutuhan sehari – hari. Bahkan ada yang menganggap jikatidak mempunyai akun jejaring sosial akan dianggap ketinggalan jaman.
  
Dampak Positif dan Negatif:
            Banyak keuntungan yang bisa di dapat dari jejaring sosial. Keberadaan situs jejaring sosial ini memudahkan kita untuk berinteraksi dengan mudah dengan orang-orang dari seluruh belahan dunia dengan biaya yang lebih murah dibandingkan menggunakan telepon. Selain itu, dengan adanya situs jejaring sosial, penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat. Bertemu dengan teman – teman lama. Bahkan untuk mencariuang, seperti menjual barang melalui bisnis online, iklan produk dan jasa, serta mempromosikan sesuatu.
            Jejaring sosial juga membantu para fans artis, musik olahraga dan lainnya untuk selalu update tentang kegiatan idola mereka, atau membuat suatu komunitas – komunitas sosial yang dapat mempertemukan banyak orang dimanapun berada dan saling bertukar informasi. Jejaring sosial juga bisa untuk menunjukan bakat – bakat kita melalui video – video,foto, rekaman suara atau tulisan yang kita unggah ke profil kita yang dapat di lihat banyak orang. Jejaring sosial juga dapat untuk menarik simpati dan empati banyak orang seperti yangdi lakukan para politisi dalam berkampanye atau untuk masalah social seperti “KoinUntuk Prita”.
            Tetapi setiap ada keuntungan pasti ada kerugiannya. Kemunculan situs jejaring sosialini menyebabkan interaksi interpersonal secara tatap muka (face-to-face) cenderung menurun. Orang lebih memilih untuk menggunakan situs jejaring sosial karena lebih praktis. Di lain pihak, kemunculan situs jejaring sosial ini membuat anak muda tidak dapat tidak mengakses internet. Dalam kadar yang berlebihan, situs jejaring sosial ini secara tidak langsung membawa dampak negatif, seperti kecanduan (addiksi) yang berlebihan dan terganggunya privasi seseorang.
            Dampak jejaring sosial bagi anak di bawah umur lebih mengkawatirkan. Banyaknya anak-anak yang tertarik dengan jejaring sosial mengarahkan mereka kepada para pemangsa sex dalam dunia maya itu (cybersex criminal). Mereka (cybersex criminal) mengetahui/mendapatkan informasi mengenai keberadaan korban (anak-anak) berdasarkan informasi yang mereka pasang dalam situs jejaring sosial. Beberapa dari para cybersex criminal tanpa ragu untuk menanyakan langsung keinginannya agar dapat bertemu langsung dalam dunia nyata dan cybersex criminal tersebut juga tidak segan-segan menanyakan status kewanitaan korban.
 






Konsep Social Network 
(Jejaring Sosial)

Definisi

Situs jejaring sosial (bahasa Inggris: Social network sites) merupakan sebuah web berbasis pelayanan yang memungkinkan penggunanya untuk membuat profil, melihat list pengguna yang tersedia, serta mengundang atau menerima teman untuk bergabung dalam situs tersebut. Tampilan dasar situs jejaring sosial ini menampilkan halaman profil pengguna, yang di dalamnya terdiri dari identitas diri dan foto pengguna.



Sejarah

Jejaring sosial muncul atas dasar ide untuk menghubungkan orang-orang dari seluruh belahan dunia. Kehadiran jejaring sosial diawali dengan munculnya Sixdegrees.com pada tahun 1997  sebagai situs jejaring sosial pertama di dunia. Tahun 1999 dan 2000 muncul situs jejaring sosial bernama lunarstorm, live journal, dan cyword sengan sistem informasi searah. Nah, pada tahun 2010 munculah Friendster, situs jejaring sosial yang sangat populer selama beberapa tahun hingga akhirnya terlindas oleh kemunculan Facebook. Frienster sendiri awalnya ditujukan sebagai tempat untuk mencari jodoh secara online. Akan tetapi pengguna jejaring sosial yang sekarang dimiliki oleh perusahaan asal Malaysia itu lebih meminatinya sebagai situs untuk saling berkenalan dengan pengguna lain.

Tahun 2003 bermunculan situs jejaring sosial lain dengan beragam kategori seperti Flikr (berbagi foto), Youtube (berbagi video), dan MySpace (banyak digunakan sebagai jejaring sosial musik). Selain Friendster, MySpace merupakan jejaring sosial populer pada saat itu. Pada Tahun 2006, kehadiran facebook menggeser posisi jejaring sosial yang ada pada saat itu. Facebook yang diluncurkan pada 2004 itu saat ini telah memiliki lebih dari 750 juta pengguna. Tahun 2009, muncul jejaring sosial Twitter yang saat ini juga merupakan salah satu jejaring sosial populer. Pengguna Twitter (tweep) dibatasi dalam berkicau (tweet) maksimal 140 karakter. Namun justru pembatasan ini yang membuat Twitter menjadi jejaring sosial micro blogging pupuler. Karena terbatas, jadi orang hanya menuliskan kata-kata yang penting saja, dan tidak lebay seperti kebanyakan status di Facebook.

Baru-baru ini saham jejaring sosial MySpace dibeli oleh penyanyi Justin Timberlake yang kabarnya sebagai pemilik saham terbesar. Dengan menguasai sebagian saham MySpace, Justin bertekat untuk menjadikan MySpace sebagai jejaring sosial musik yang pupuler. Tahun 2011 ini muncul lagi jejaring sosial baru bernama Google+ (dibaca Google plus) yang dibuat oleh perusahaan internet raksasa, Google. Jejaring sosial ini sepertinya sengaja dibuat untuk menyaingi situs milik Mark Zukerberg, Facebook. Dengan tampilan dan fitur yang sangat mirip facebook, Google+ disebut-sebut akan menjadi jejaring sosial popular. Kelebihan Google+ adalah memiliki fitur dan sistem yang dimiliki oleh facebook dan twitter, bisa dibilang penggabungan dari dua jejaring sosial tersebut.
  

Situs Jejaring Sosial

1.       Facebook            : http://www.facebook.com/
2.       Twitter                 : http://www.twitter.com/
3.       Live Journal        : http://www.livejournal.com/
4.       Google+               : https://plus.google.com/u/0/
5.       PLurk                     : http://www.plurk.com/



Dampak Positif dan Negatif

Positif :
         Membantu sesama manusia untuk bersosialisasi tanpa harus berinteraksi secara    langsung/bertatap muka langsung.
         Dapat digunakan sebagai sarana untuk membuka suatu usaha/bisnis.
         Membuat komunikasi dari jarak jauh terasa lebih mudah.

Negatif :
         Membuat kita kecanduan/menjadi ketagihan akan sebuah teknologi.
         Semakin meluasnya tingkat kejahatan di dunia maya.






Konsep Podcasting

Defenisi:
            Istilah “podcasting” pertama kali muncul dalam sebuah karangan artikel oleh BenHammersley di surat kabar The Guardian pada Februari 2004, bersama dengan istilah lain yang diusulkan untuk menamakan teknologi baru ini. “Podcast” merupakan lakurankata “pod” — “playable on demand” (dimainkan atas permintaan), yang kelakdigunakan Apple Computer (sekarang Apple) untuk merek pemutar-media-saku(portable media player) iPod — dan “broadcasting” (penyiaran). Nama ini dapat menyesatkan, karena siniar dapat digunakan tanpa iPod, atau bentuk pemutar-media-saku lain; isi-kandungannya dapat diperoleh dengan komputer yang dapat memainkan berkas media. Penggunaan istilah “podcast” mendahului adanya dukungan asal (nativesupport) untuk layanan siniar bagi iPod, atau perangkat lunak Apple iTunes. Untuk menghindari keterkaitannya dengan istilah “iPod”, beberapa orang memakai istilah”netcast” sebagai pengganti “podcast”, seperti siniarwan (podcaster) TWiT.tv LeoLaporte. Singkata balik (backronym) telah diusulkan supaya “podcast” dapat diuraikan sebagai “personal on demand broadcast” (penyiaran atas permintaan pribadi).

Manfaat:
Ada banyak manfaat dari Podcasting yang dapat Anda terima jika Anda menggunakannya sebagai salah satu pemasaran dan alat komunikasi:
  1. Meningkatkan visibilitas situs Anda
Audiens target Anda akan dapat menemukan situs Anda lebih mudah ketika Anda daftarpodcast Anda di direktori podcast yang tersedia. Visibilitas untuk situs Anda akanmeningkat sangat. Demikian pula, mesin pencari akan dapat menemukan podcast Andalebih mudah juga.
  1. Menyediakan alat komunikasi bisnis yang efektif
Salah satu manfaat penting dari Podcasting adalah kenyataan bahwa itu benar-benarmenyediakan alat komunikasi tambahan untuk bisnis online Anda. Orang-orang akandatang untuk tahu tentang situs Anda. Apa yang telah ditulis dan ditawarkan di situsAnda akan bisa mendapatkan kredibilitas Anda sebagai seorang penulis ahli di bidangAnda.
3.      Memberikan kesempatan untuk memberikan nilai tambah menawarkan

Podcasting memungkinkan Anda untuk memberikan nilai tambah menawarkan dalamformat audio. Ini akan mempertahankan kepentingan pembaca dan pelanggan samaseperti mereka akan senang dengan tawaran ini. Mereka dapat kembali ke situs Andauntuk podcast mingguan “Pilihan Hot Tips untuk minggu ini”, ini akan menjadi favoritpanas bagi mereka dalam perdagangan opsi.

4.      Menyediakan retensi memori yang lebih baik
Podcasting melibatkan melihat, mendengar dan mengalami. Jika digabungkan, memberikan hasil terbaik untuk retensi memori sekitar 75% untuk rata-rata orang. Inimenyimpulkan bahwa pesan audio pasti lebih berkesan dari hanya teks biasa. Retensimemori adalah salah satu manfaat lebih penting bisa Anda dapatkan dari Podcasting.
5.      Menyediakan kemudahan penggunaan
Podcast Anda dapat dengan mudah diputar pada pemutar MP3 portabel. Orang akandapat mendengarkan podcast Anda di mana saja dan kapan saja. Podcasting membuatmendengarkan pesan Anda begitu mudah, tanpa rewel.
  1. Memberikan kesempatan untuk peningkatan lalu lintas
Jika podcast Anda berisi konten yang besar, mereka akan mengarahkan lalu lintas kesitus Web Anda. Hal ini akan menciptakan dampak pada penjualan Anda dan garisbawah. Konten Anda juga harus informatif, menarik, dan harus selalu menyediakan nilainyata bagi pendengar Anda. Melalui Podcasting, Anda juga dapat berkomunikasidengan audiens target Anda.
            Podcasting adalah trend komunikasi terbaru dengan pemasar di web. Ia menawarkanjangkauan menguntungkan untuk jutaan pendengar yang pelanggan potensial.Kemungkinan pemasaran banyak. Podcasting adalah sekarang rute emas untuk memilih,dan tidak harus dibiarkan keluar sebagai salah satu pemasaran dan alat komunikasi. 

Contoh Podcasting:
- Itunes
-My Yahoo




Konsep RSS
           
            Kita pasti sering mendengar kata atau istilah RSS. RSS biasanya sering dilambangkan dengan icon seperti di samping. Apa itu RSS? RSS adalah singkatan dari istilah yangmerujuk pada beberapa protokol:
Really Simple Syndication ( RSS 2.0 )
RDF Site Summary ( 0.9 dan 1.0 )
Rich Text Summary ( 0.91 )

Defenisi:
            RSS adalah suatu teknologi dalam dunia web yang dibangun untuk mempermudah kitauntuk membaca ataupun berlangganan konten (isi/artikel) dari suatu situs/web/blog.RSS merupakan versi sederhana dari halaman web yang berisikan hanya konten artikelsaja, tanpa adanya fitur-fitur lain seperti widget, iklan, CSS, ataupun javascript.

Manfaat:
            RSS biasanya digunakan secara luas di website yang menyediakan konten yang dinamisdan terupdate secara berkala, seperti halnya blog, portal berita, dan lain-lain. RSS digunakan secara luas oleh komunitas weblog untuk menyebar ringkasan tulisanterbaru di jurnal, kadang-kadang juga menyertakan artikel lengkap dan bahkan gambardan suara. RSS digunakan pada hampir semua situs berita atau weblog, dengan berbagaitujuan termasuk: pemasaran, press release, laporan reguler produk, atau aktivitas lainyang membutuhkan pemberitahuan periodik dan tentunya publikasi.
            Manfaat yang diperoleh dengan adanya RSS adalah pembaca sangat dimudahkan dalammengetahui update terbaru suatu website tanpa perlu mengunjungi alamat websitetersebut, karena pembaca hanya butuh untuk berlangganan pengumpan (feed) dariwebsite tersebut. Beberapa website atau blog hanya menyediakan umpan RSS berupa beberapa bariskalimat atau ringkasannya saja, namun ada juga yang menyediakan umpan berupaartikel penuh, tergantung tujuan dari masing-masing pengelola website tersebut.






Konsep IPTV

Definisi IPTV:
            IPTV adalah suatu layanan multimedia yang terdiri atas programtelevisi, video (gambarbergerak), audio (suara), tulisan (text),graphics (gambar diam) dan data yang disalurkanke pelangganmelalui suatu jaringan tertutup yang berbasis IP. IPTV bukan sekedar siaran TV yang disalurkan melalui internet dandapat diakses olehsiapa saja, tanpa adanya jaminan-jaminan daripenyelenggara. Penyelenggara IPTV menjamin pelanggan atas kualitas (QoS/QoE),keamanan (security),kemampuan berinteraktif dan keandalan darilayanan yang disalurkan olehpenyelenggara IPTV sampai layanantersebut diterima oleh pelanggan-pelanggan.
            Dalam layanan IPTV, semua aktivitas layanan baik video ataupun “interaktif melalui platform IP”disalurkan ke pelanggan dengansuatu “jaringan tetapbroadband” (fixed broadband network) xDSLatau FTTH yang dapat dinikmati olehpelanggan melalui suatupesawat TV standar dengan IP-STB.

IPTV vs Internet:
IPTV
- Closed system, kualitas layanan terjamin(managed QoS).
- Video konten dikirim hanya kepadapelanggan (known subscriber) Pengiriman melaluiIP packets sampaidengan pelanggan (end customer).
- Dikirim melalui infrastruktur jaringan milik service provider.
- Sesuai dengan jangkauan jaringan yang dimilikinya.
- Umumnya menggunakan IP-STB digitaluntuk mengakses dan pengkodeanlayanankonten.Menggunakan PC, software yangdigunakan tergantung formatkonten.
- Biaya
- Video konten dibuat oleh perusahaan profesional, jumlahnya terbatas.

Internet TV
- Open system, kontrol kualitas layanan tidak dijamin (BestEffort QoS).
- Video konten dikirim kepada siapapun Pengiriman melalui IP packets sampai internetcloud sendiri.
- Dikirim dan diterima melalui public internet yang melibatkanbanyak pihak.
- Tidak ada batasan wilayah, dimanapun ada akses internet.
- Umumnya menggunakan PC, software yang digunakan tergantung format konten.
- Gratis
- Video konten bisa dibuat siapapun, jumlah kontennya tidak terbatas.








Referensi :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar